Minggu, 29 Mei 2011

Saya (juga) memang tidak pernah jadi dewasa

Gara-gara membaca posting  beloved Lita Saya memang tidak pernah jadi dewasa
 http://www.facebook.com/notes/lita-soerjadinata/saya-memang-tidak-pernah-jadi-dewasa/10150207449812068 ( Ssst ijin pakai judul  sis ^_^ ) Saya jadi ikutan tertarik mengintip jajaran buku yang ada di rak buku GRI. Dari jumlah buku yang dibaca jelas meningkat. Tahun 2010 ada 206 buku (campuran cergam komik, novel de el el) sementara tahun 2011 hingga hari ini  baru 93 buku (65 novel, fiksi de el el sisanya cergam dan komik). Tentunya masih bisa bertambah mengingat sekarang baru penghujung bulan Mei.

Jumlah halaman juga bertambah. Tahun lalu ada 58.206 halaman! (kaget sendiri) Tahun ini untuk sementara ada  21.551 halaman. Menilik tahun terbitan, ternyata sebagian besar merupakan buku baru, keuntungan menjadi anggota Ordo Buntelan nih ^_^

Sekarang soal bintang yang menandakan penilaian kita terhadap sebuah buku. Untuk tahun 2010 ada 22 buku yang diberi  bintang 5,  tapi ada juga 5 buku yang diberi bintang 2. Saya memang tidak akan pernah memberikan bintang 1, minimal bintang 2.  Anggaplah sebagai penghargaan atas usaha menerbitkan sebuah buku pada pihak-pihak  terkait. Sementara untuk tahun 2011, sudah ada 9 buku yang mendapat bintang 5, sementara bintang 2 ada 5 buku.

Saat menilik siapa penulis yang sering saya baca, mau tak mau saya tertawa. Pantas...................!
Saya memang penggemar sosok Conan, maka jelasnya pengarang bukunya akan menempati posisi paling atas. Sampai saat ini sudah ada 60 buku Conan, belum yang kisah khusus. Ada juga penulis yang saya baca bukunya karena ketiban tugas mengurusi launchingnya. Saya nyaris membaca lebih dari 50 % buku karangannya, jika tidak bagaimana bisa membuat Siaran Pers plus repiu.

Lengkapnya adalah :
 1. Gosho Aoyama 97
2  Enid Blyton 77
3. Hergé 37
4. Morris 35
5. Masashi Ueda 33
6. Motohiro Katou 31
7. Boy S. Sabarguna 27
8.  R.A. Kosasih 24
9. S. Mara Gd 23
10.  Peyo 21
10. Kanari Yozaburo 21
12.  Agatha Christie 20
12.  Robert Arthur 20
14.  John Grisham 19
15.  L.E. Blair 18
15. William Arden 18
15. Takeshi Maekawa 18

Kalau begini, musti setuju sama salah satu iklan telepon genggam  (kurang lebih) "Di setiap diri seseorang ada unsur anak-anak" Ngajak salaman Sis Lita

Sekalian mengintip list buku yang saya baca. Ternyata untuk bulan ini, sampai tadi pagi hanya membaca 10 buku. jauh dari produktif yahh! Bukunya antara lain:

    Judul buku                              Pengarang                      Hal        Bintang
1. Buku Pintar Mitologi Dunia      Nurla Isna Aunillah          168          3
2. The Count of Monte Cristo    Alexandre Dumas              568         5
3. Red Riding Hood                   Sarah Blakley-Cartwright  341         4
4. Miss Billy                                Eleanor H. Porter             308         3
5. Tetra Mars                            Harry K. Peterson             507          5
6. Fatamorgana di Segitiga Emas Suryatini N. Ganie            211         3
7. Treasure island                    Robert Louis Stevenson       352         3
 8. Math doesn't Stuck             Danica McKellar                 350         4
9. Berguru Pada Pesohor: Panduan Wajib  Diana AV Sasa 265         4
10. Untung Suropati                Yudhi Herwibowo                660         3

Buku yang paling berkesan tahun 2011, tetap Pearl  of China

Hayuh mana list kalian?Tercapai tidak  target kalian tahun ini?
Latah yang positif nih  memacu semangat membaca

2 komentar:

  1. untuk bulan ini 10 buku? kurang produktif?
    aduh, dimana posisi saya ya?

    BalasHapus
  2. he hehe begitulah
    AKu merasa kurang produktif sih

    BalasHapus