Kamis, 31 Mei 2012

The Throne of Fire


Hal 1/3
--------


                                                MEMO


Tanggal    : 28 Mei  XZ11
Status      : Sangat Rahasia
Kepada    : 1. Mizan Fantasy
                2. Ordo Buntelan
                3. Pembaca Noura Books
Dari        :  Kepala  Kearsipan Perpustakaan  Fantasi  Federasi
Perihal    :  Buku The Throne of Fire
================================================

Telah ditemukan sebuah fakta baru sehubungan dengan keluarga Kane. Sebuah  papirus yang berisi ajakan bergabung telah dikirim Keluarga  Kane ke seluruh penjuru dunia. 

"Di mana pun kau berada, apa pun pun tipe sihir yang kau praktikkan, kami memerlukan bantuanmu. Kecuali kita bersatu dan mempelajari jalan para dewa dengan cermat, kita tidak punya peluang"

Beberapa anak telah menjawab panggilan itu. Bersama mereka berusaha membangkitkan Ra.. Membangkitkan  Ra sepertinya merupakan pilihan satu-satunya. Di masa lampau, hanya Ra yang mampu mengalahkan Aphophis . 

Sejak mengalahkan Aphophis, Ra menyerahkan tahta kepada Horus. Oleh karenanya untuk membangkitkan  Ra, diperlukan penggabungan tiga potongan Book of Ra yang masih misterius keberadaannya.

Buku ini jelas menekankan pada usaha menemukan Book of Ra, dengan berbagai halangan dan rintangan. Belum lagi kebiasaan Carter yang sembrono sehingga sering membuat mereka berada dalam bahaya.  Pada akhirnya kakak-beradik ini mampu mengatasi malah dengan tak terduga. Nasib baik sepertinya selalu berada pada mereka.

Hal 2/3
-----------


Banyak yang mengakui  kemampuan  para penyihir Mesir sebagai  yang terbaik  di dunia.  Nyaris setiap dewa memiliki kuil sendiri dimana banyak penyihir yang memuja dewa tersebut berlatih kanuragan, Mereka  dilatih untuk menghadapi aneka macam pertempuran, bahkan  bila perlu pertempuran dengan para dewa. 



Dengan unsur sihir, perkelahiran atau pertempuran, kisah kasih ala anak muda yang penuh dengan tawa dan rasa cemburu  berada dalam buku ini siap diramu menawarkan sebuah sensasi kisah petualangan menawan, sesuatu yang berbeda. 



Namun entah mengapa, dibandingkan buku pertama, kisah dalam buku ini terasa "datar". Memang betul banyak kejutan yang ditawarkan, namun cara berkisahnya yang seakan lambat sehingga  membosankan. 

Sungguh sayang. Banyak kata yang tidak bermanfaat. 
Walau begitu glosarium yang memuat kata-kata perintah yang pernah digunakan oleh Carter & Sadie lumayan menghibur. Istilah-istilah Mesir lain seperti Bau= roh jahat, Was=kekuatan, Sau=pembuat jimat,  justru menjadi daya tarik sendiri dalam kisah ini.



Beberapa lokasi yang disebutkan dalam buku ini  konon memang benar-benar ada. Sementara keberadaan pada dewa sesuai dengan yang tercantum dalam naskah antik. Mitologi dan kenyataan seakan menjadi satu  menawarkan sebuah dunia baru yang menawan.

Sekedar menyegarkan ingatan, sosok Dewa Ra yang menjadi topik utama dalam buku ini merupakan  dewa tertinggi dalam mitology Mesi. Ra atau  Amon-Ra). kekuasaan Ra meliputi   langit, di bumi, dan di bawah tanah.Dewasa ini simbol mata Ra bisa kita temui dalam mata uang negara tetangga.  Kuil Abu Simbel didirikan untuk memujanya.

 Hal 3/3
-----------
Seperti yang lalu, rekaman digital juga dipindahkan    kebentuk cetakan. Kualitas suara memang sudah lebih banyak namun tetap harus berhati-hati saat mendengarkan. karena beberapa kata perintah akan lebih dipahami dengan melihat "gambarnya" 

Buku bisa diperoleh di Perpustakaan dengan memasukan data rahasia berupa;  
Nama Penulis : Rick Riordan
Penerjemah : Rika Iffati Farihah
Penyunting : Tendy Yulianes Susanto
Penyelaras Aksara: Novri Fajriani
ISBN : 978-979-433-677-9 
Halaman: 468 
Penerbit : Mizan  Fantasi 
Jumlah point yang harus diserahkan adalah : 74.000 satuan rupiah.


Mengingat keterbatasan jumlah buku, berlaku siapa cepat dia dapat.
Selamat membaca

1 komentar:

  1. buku petuangan yang menarik dengan latar belakang mesir, wajib dibaca selain tentang piramida.

    BalasHapus