Senin, 22 Agustus 2016

2016 # 86 :Archaeology

Penyusun: Kate Santon
ISBN-10: 1405487860
ISBN-13: 978-1405487863
Halaman: 304
Cetakan:  2010
Penerbit: Parragon Book Service
Harga: Rp 80.000 (versi BBW)
Rating: 3/5

Unearthing the mysteries of the past

Siapa yang tak tergoda dengan buku murah namun sarat ilmu seperti ini? Apa lagi membaca kalimat di atas, menggali misteri masa lalu.  Semula buku ini masih dalam timbunan. Sesudah merasakan sulitnya menjadi referensi saat membuat review sebuah buku terkait urusan Mesir, jadi ingat akan buku ini yang belum disentuh *alasan penimbun*

Secara garis besar, buku ini terbagi dalam beberapa bagian yang masing-masing bagian memuat beberapa lokasi penemuan arkeologi yang dianggap layak untuk diketahui oleh masyarakat umum. 

Bagian pertama memuat tentang Eropa, dalam buku ini ditulis Europe. Ada  sebelas situs arkeologi yang bisa ditemukan pada uraian di bagian ini. Antara lain terdapat Skara Brae yaitu  pemukiman Neolitik yang terletak di Teluk Skaill di pantai barat dari daratan, pulau terbesar di Ork kepulauan Skotlandia. Situs ini ditemukan sekitar tahun 1850. Skara Brae memperoleh UNESCO World Heritage Site sebagai salah satu dari empat situs "The Heart of Neolithic Orkney” Situs ini juga sering disebut sebagai Skotlandia Pompeii.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pompeii
Terdapat juga uraian mengenai situs penemuan di Varna, sebuah kota di Bulgaria, dua orang pendaki yang menemukan The Iceman di Austraian pada 19 September 1991, Hadruan's Wall. Dan yang sudah lumayan dikenal adalah peninggalan bangsa Viking.

Kisah mengenai kehancuran kota Pompeii & Herculaneum, serta kisah mengenai kota Troy sepertinya sudah cukup dikenal orang banyak orang. Beberapa versi kisah juga bisa kita temukan. Ulasan tersebut bisa kita temukan pada bagian yang mengulas The Mediterranean World pada buku ini.

Tahu asal mula pertandingan ala Olimpiade? Ada ulasan mengenai kota Olympia, awal mula timbulnya pertandingan olah raga tersebut.  Bahkan anak-anak sudah dikenalkan mengenai sejarah pertandingan tersebut melalui versi kisah asterix  & obelix.

https://id.wikipedia.org/wiki/Piramida_Mesir
The Near & Middle East antara lain mengisahkan tentang The Dead Sea Scrolls, Masada, Nineveh, Persepolis, The Royal Tombs at Ur (klik di sini untuk situs resmi), Catalhoyuk, The Hittittes, serta Jericho.

Di Africa, tentunya akan ada ulasan mengenai Piramid yang sudah sangat terkenal, lalu Tutankhamun & The Valley of Kings. Ini sepertinya sering muncul juga dalam buku dan film untuk anak. Saya mengenalnya melalu kisah Tintin ^_^. Tak ketinggalan uraian mengenai Egyptian Temples serta Great Zimbabwe.

The Terracota Army sudah cukup dikenal banyak orang. Merupakan  sepasukan patung tentara dari zaman kaisar Cina pertama Qin Shi Huang. Tujuannya untuk mengawal sang kaisar di alam baka. Hal tersebut  berada dalam Asia and Pacific.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasukan_terakota
Selain itu terdapat juga mengenai Angkor, yang sudah termasuk situs yang dilindungi oleh UNESCO. Lalu The Frozen Toms of Altar serta Easter Island.  Perihal pulau Easter, jika tidak salah ingat saya mengenalnya melalui buku  Hardy boys. Di sana disebutkan sebagai Pulau Paskah. Harus buka-buka lagi nih untuk memastikan.

Bagian terkahir dari buku ini mengisahkan mengenai berbagai situs yang ada di The Americas. Tentunya, peristiwa heboh mengenai kiamat terkait bangsa Maya masih diingat orang. Ada bagian mengenai The Maya. Juga tentang Maccho Picchu & The Incas, lalu Pueblo, Farmers of The Desert dan The Aztecs.

Secara garis besar, buku ini menambah pengetahuan dalam dunia arkeologi. Beberapa memang sudah merupakan situs yang sudah cukup dikenal. Mungkin ada juga yang belum pernah mendengar situs tertentu, melalui buku ini jadi mengetahuinya. 

Sangat cocok dibaca oleh mereka yang tertarik pada dunia arkelogi, dunia sejarah serta para mahasiswa. Tentunya juga bagi mereka yang sering melancong. Situs-situs yang ada dalam buku ini bisa menjadi pilihan tujuan selanjutnya.

Sayangnya, tidak ada satu juga situs dari tanah air yang masuk dalam buku ini. Padahal beberapa situs kebangsaan kita seperti Komplek Candi Borobudur, Komplek Candi Prambanan dan Sangiran sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Arkeologi berasal dari bahasa Yunani yaitu archaeo yang berarti kuno, serta logos yang berarti ilmu. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) pada masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. 

Adapun yang termasuk dalam kajian sistematis meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak (budaya bendawi seperti candi), ekofak (benda lingkungan seperi rupa muka bumi) maupun fitur (artefaktual yang tidak dapat dilepaskan dari tempatnya/situs arkeologi). Teknik penelitian yang khas adalah penggalian (ekskavasi) arkeologis, meskipun survei juga mendapatkan porsi yang cukup besar.

Masih  ingat, kalau tidak salah belum lama berselang diuga terdapat sebuah situs purbakala berupa candi di Purworejo. Banjir dan longsor sudah membuat lapisan tanah yang menutupi terkikis. Beberapa ahli arkeologi sudah memastikan bahwa itu bukan candi. Salah satu beritanya ada di sini. Itu salah satu peran aktif pakar arkeologi ^_^

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus