Minggu, 28 Agustus 2016

2016 #93: Pilih Sendiri Petualanganmu: Planet Ketiga Dari Altair


Penulis: Edward Packard
Ilustrator: Paul Granger
Alihbahasa: Djokolelono
Halaman: 117
Cetakan: Pertama-Juli 1985
Penerbit: PT Gramedia
Rating: 4/5 
                                        
                                PERHATIAN!
Dilarang keras membaca buku ini seperti biasa, langsung dari halaman pertama ke halaman berikutnya. Di Buku ini terdapat berbagai petualangan yang bisa kaualami di antariksa. Jika selesai membaca satu halaman, bacalah catatan di bawahnya. Tentukan pilihanmu dan ikuti petunjuk. Pilihanmu sangat menentukan, apakah kau menemui kebahagian ataukah kehancuran!

Petualangan yang dikisahkan adalah hasil pilihanmu sendiri. Kau sendirilah yang bertanggung jawab.

Ingat-kau tak boleh mundur! Jadi, berpikirlah baik-baik sebelum kau bertindak. Sekali salah... petualangamu berakhir mengerikan. Tetapi kalau pilihanmu tepat, mungkin kau akan kaya raya, dan bahagia!

Peringatan itu selalu ada pada halaman awal seri Pilih Sendiri  Petualanganmu. Buku ini memang unik mengingat cara membaca tak biasa yang disarankan. Jangan membuka halaman secara berurutan, tapi tentukan pilihanmu sendiri. Ada lebih dari tiga puluh akhir cerita yang bisa kita peroleh, sekali lagi tergantung pada pilihan masing-masing.

Salah satu seri ini adalah Planet Ketiga dari Altazair. Pembaca memainkan peranan aktif sebagai seorang astronot.Disebutkan bahwa sejak lama para ahli perbintangan mencoba menangkap pesan-pesan yang berasal dari suatu kehidupan jauh di ruang angkasa luar. Akhirnya impian selama ini terwujud. Observatariun Muna Kea di Hawaii menangkap pesan yang diperkirakan adalah planet ketiga dari Altair, sebuah bintang kuning putih yang berjarak enam belas tahun cahaya dari bumi.

Pesan yang diulang-ulang setiap beberapa saat  dianggap dikirim oleh makhluk yang memiliki kecerdasan lebih tinggi. Sayang tak seorang pun bisa memastikan apa arti pesan itu. Untuk itu, sebuah misi menuju Altair segera disiapkan.

Pembaca, dalam buku ini dipanggil dengan Kau, merupakan satu dari empat awak pesawat antariksa Aloha. Tujuannya mencari siapa atau apa yang mengirim pesan tersebut. Serta mengapa. Kau berharap dapat menempuh perjalanan dalam waktu hanya beberapa minggu dengan mempergunakan teknologi baru.

Matahari tanpa mengecil. cahaya dan sinarnya tak beda dengan bintang lainnya.  Tiba-tiba antaraiksa di sekeliling pesawatmu terisi oleh sinar-sinar gemerlapan. Kapten Bud Stantona astronot veteran berdiri kaku bagaikan beku, badanmu pun terasa seakan digeletik. Di sekitar komputer mulai berpijar loncatan api listrik. Agaknya pesawat baru melewati badai materi anti.

Situasi tersebut memicu perdebatan antara anggota tim yang lain. Dr Nera  Vivaldi ahli ilmu pengetahuan manusia jurusan hubungan antarmakhluk, mengusulkan untuk kembali ke bumi. Apalagi peralatan belum tentu sanggup mengalami peristiwa yang sama lagi. Sementara Profesor Henry Pickens ahli ilmu antariksa mengusulkan untuk terus melanjutkan perjalanan. Menurutnya sang kapten juga akan setuju untuk tetap melanjutkan perjalanan.

Tinggal tokoh Kau yang belum menyatakan pendapat. Mulai bagian ini, pembaca  diajak menikmati keseruan kisah dengan diharapkan pada dua pilihan. Pertama, jika berpendapat Aloha harus terus maju menuju Altair maka lanjutkan ke halaman 6. Jika kau perintahkan komputer untuk mengubah arah haluan lanjutkan ke halaman 8. Hati-hati memilih! Karena jalan dan  akhir cerita tergantung pada pilihan pembaca sendiri.

Jika diintip beberapa bagian yang menandakan berakhir kisah, ada yang berakhir menyenangkan seperti kembali ke bumi dengan banyak tambahan informasi, menyaksikan lahirnya tata surya baru, tapi ada juga yang berakhir sedih. Misalnya tetap harus tinggal di Planet Altair.

Saya memiliki cara tersendiri untuk bisa menikmati kisah ini. Benar-benar ngak mau rugi he he he. Sebelum membaca sebuah buku, saya mulai membuat alur terlebih dahulu. Caranya mengikuti setiap perintah untuk menuju halaman tertentu hingga sampai pada akhir kisah. Terlihat coretan yang saya buat ^_^. Dengan begitu saya bisa menikmati keseluruhan kisah dengan lebih maksimal. Satu buku dengan banyak kisah.

Sejauh ini, sepengetahuan saya ada lumayan banyak kisah dalam seri ini. Ada Lorong waktu, Mencari atlantis, Dengan balon ke sahara, Penjelajah antariksa, Rahasia rumah terkutuk, Rahasia ikan paus bungku, Siapa pembunuh Hardlowe Thrambey dan lainnya. Lumayan beragam.

Sayangnya buku ini masuk dalam buku buluk, alias buku lawas. Belum ada versi cetak ulangnya. Padahal buku ini sangat bagus guna meningkatkan kreativitas anak. Pembaca tidak begitu saja mengikuti alur kisah yang dibuat oleh penulis, tapi bisa memilih hendak menjadi bagian kisah yang mana dahulu.

Selain itu, anak-anak diajar untuk berani menentukan pilihan dan menerima konsekuensi dari pilihannya tersebut. Dengan memilih salah satu halaman yang dituju sebagai contoh, bisa saja malah berakhir dengan kematian sang tokoh. Artinya kisah berakhir dengan cepat. Namun bisa juga justru halaman yang dipilih membuat kisah menjadi lebih panjang dan seru. Semuanya tergantung pada pilihan pembaca sendiri. 

Tentunya jangan lupa sisi ekonomis buku ini seperti yang beberapa kali saya sebut. Betapa tidak, dengan harga sebuah buku saat itu, pembaca bisa menikmati lebih dari tiga puluh akhir kisah. Efisiensi sekali bukan? Sebagai pembaca cepat, buku seperti ini juga membuat saya bisa menikmati kisah yang ada dengan lebih lama.

Sekali lagi hanya bisa berharap, semoga seri ini dicetak ulang kembali.

 







1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus