Kamis, 18 Mei 2017

2017# 32-34 : Wine, Beer and Spirits

Masih ada beberapa buku 3D yang sempat saya beli kemarin. Seru saja melihat mereka ada di rak buku. Selain menarik dipandang, buku-buku tersebut lumayan juga untuk menjadi pembatas satu 

Kali ini mari kita "nikmati" buku berjudul  Wine, Beer serta Spirit. Saya bukan peminum minuman jenis ini. Ketertarikan saya lebih karena ingin tahu kenapa beberapa sahabat begitu  menyukainya. Sekali lagi, saya tidak akan menyebutkan ini adalah pilihan minuman yang salah, semuanya saya kembalikan pada individu masing-masing ^_^.

A World of Wine
Author: Michelle Brachet
Design and Production: Peter Murray
Founding Editor: Peter Murray
ISBN 13:9780980382907
Pages: 144
Publication Date: 2014

Wine-anggur  adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur atau buah-buahan lain. Melalui keseimbangan kimia alami, anggur dapat berfermentasi tanpa tambahan gula, asam, enzim, air atau nutrisi lainnya. Variasi yang berbeda dari jenis anggur dan ragi akan menghasilkan jenis wine yang berbeda

Sesuai dengan namanya, buku ini dibuat menyerupai sebuah botol anggur. Ujung atas diberi warna merah makin mirip dengan botol asli. Buku ini disebutkan mengeluarkan aroma anggur merah secara samar. Benar atau tidak aroma tersebut adalah aroma anggur merah saya tidak bisa menjawab.

Isi buku ini terdiri dari Introduction, History of Wine, Grape Varieties, What Makes Every Wine Different, Wine Tasting, Vintages, Collecting Wine, The World of Wine, dan selanjutnya ada uraian mengenai negara-negara penghasil anggur seperti Amerika, Italia, Australia dan New Zealand.
 
Karena berbentuk botol, maka tentunya ada perlakuan khusus perihal ukuran halaman yang berisi informasi. Halaman tersebut dibuat dengan luas lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kover yang berbentuk botol. Gunanya agak dari sisi luar yang kelihatan adalah bentuk botol saja. Hal ini menyebabkan jenis huruf dan besanya harus dipertimbangkan dengan matang hingga tak menghabiskan banyak lembaran kertas.

Laman penerbit terkait buku ada di sini. 

A World Beer
Author: Michelle Brachet
Design and Production:Peter Murray
Founding Editor: Peter Murray
ISBN 13:9780987173515
Pages: 95
Publication Date: 2014

Berbekal rasa penasaran agar tidak salah memilih minuman, saya sering membaca mengenai apa dan bagaimana Bir itu. Review mengenai aneka macam bir bisa dibaca di sini.


Bir merupakan  minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi  bahan berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Posisinya menempati kedudukan nomor tiga setelah air dan teh.

Minuman ini sudah dikenal sejak lama. Prasasti tanah liat di Babilon menjelaskan dengan rinci resep pembuatan bir di tahun 4.300 sebelum masehi. Bir juga telah dibuat oleh bangsa Cina kuno, Asiria dan Inka.Sejarah bir datang pada abad ke-6 SM, dan yang tercatat dalam sejarah tertulis Irak Kuno. Tulisan-tulisan Sumeria yang paling awal memiliki referensi tentang  bir

Dalam buku ini, pembaca akan menemukan sejarah bir, jenis bir, bir di beberapa tempat seperti Australia  dan New Zealand, United States, United Kingdom dan lainnnya. Terdapat juga uraian mengenai bir bikinan rumahan, termask cara membuat bir versi rumah.
 Aneka gambar memikat banyak disajikan dalam buku ini. Sayangnya, seperti yang lain, versi bentuk botol membuat pemilihan huruf menjadi lebih kecil. Informasi lengkap mengenai buku ini bisa disimak di sini.

A World of Spirits
Author:Michelle Brache
Design and Production:Peter Murray
Founding Editor: Peter Murray
ISBN 13:9780987173539
Pages: 96
Publication Date: 2014

A spirit is a distilled drink that is made by distilling fruit, fermented grain or vegetables and it has to have a minimum of 20% ABV (alcohol by volume) to qualify as much. It also does not have any added sugar. 


Saya sedikit bingung mencari kata yang pas untuk mengalih bahasa kata spirit, mungkin yang pas adalah minuman keras atau miras. Hal tersebut sesuai juga dengan uraian yang ada dalam buku ini.

Kata spirit berasal dari bahasa latin spiritus yang berarti nafas. Hal ini merujuk ke minuman keras yang berasal dari Timur Tengah. Alkemis-alkemis tersebut lebih peduli dengan kesehatan obat mujarab dibandingkan dengan transmutasi timah menjadi emas. Uap yang dilepaskan dan dikumpulkan selama proses alkimia (seperti dengan distilasi alkohol) disebut sebagai spirit-sukma dari cairan aslinya.
 Mengambil minuman Louis XIII de Remy Martin Cognac sebagai model, buku ini juga memberikan uraian mengenai jenis-jenis minuman keras. Ada gin, whiskey, bourbon, vodka, rum, brandy, cognac dan lainnya. Informasi lengkap mengenai buku ini ada di sini.


Dibanding buku yang lain, bentuk 3D buku ini berbeda dari cara membacanya. Jika buku lain disesuaikan dengan bentuk topik, cokelat berbentuk panjang, perihal bir dibuatkan menyerupai botol bir dengan informasi di dalamnya. Buku ini memang berbentuk seperti botol minuman keras tapi membaca informasi yang ada di dalamnya justru harus dilakukan secara berbeda, tengan cara menidurkan buku.

Ukurannya juga bisa dikatakan paling kecil diantara buku yang lain, otomatis butuh ekstra kesabaran untuk membacanya. Maklum hurufnya menjadi kecil, tak nyaman bagi mata saya.

Sepertinya kekurangan buku 3D adalah jika dibuat sesuai dengan bentuk aslinya, kadang informasi yang ada justru tidak bisa terbaca dengan baik. Hal ini dikarenakan ruang yang tersedia untuk memuat segala informasi menjadi lebih sempit, untuk itu pemilihan huruf dan ukuran juga menjadi pertimbangan utama.

Meski demikian, cara ini cukup efektif menarik minat pembaca awam terhadap sebuah topik. Semoga makin banyak produsen yang berniat mempromosikan produknya dalam bentuk seperti ini. Atau bahkan penerbit yang mengeluarkan buku tentang suatu hal yang biasa ada di sekitar kita tapi belum banyak yang mengetahui tentang hal tersebut lebih lanjut. Misalnya tentang kentang goreng, hamburger dan lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar